Membuat Dapur yang Ideal

Menurut anda, bagaimana dapur yang ideal itu? Ya pasti jawaban setiap orang beda - beda. Ideal menurut pandangan kita juga berbeda beda. Tapi artikel ini memberikan sedikit gambaran mengenai dapur yang ideal itu seperti apa. Dapur memiliki fungsi vital bagi setiap keluarga, kecuali kalau belum berkeluarga alias hidup sendiri atau bersama teman. Ruangan khusus untuk dapur mungkin tidak dijadikan prioritas selain karena lahan yang terbatas. Tapi bagi ibu rumah tangga khususnya dapur ini sangat penting karena untuk menyalurkan bakat terpendam dan yang sudah muncul yaitu memasak.

cara membuat dapur yang minimalis
contoh dapur minimalis

Dahulu, orang - orang melakukan aktifitas memasak hampir setiap hari didapur. Karena kegiatan ini, dapur menjadi runag istimewa bagi penghuninya di jaman dulu. Namun, beda dengan zaman sekarang. Banyak orang yang tidak memasak di rumah namun memilih untuk membeli makan diluar, menikmati hidangan di cafe atau restoran. Tak ada salahnya memilih untuk memakan diluar, tapi kalau tujuannya memang sering - sering makan diluar. Untuk apa memiliki dapur didalam rumah? jika tidak difungsikan dengan baik, mending di alokasikan lahannya untuk ruangan lain (diperkecil).
Saat ini banyak orang memakai konsep minimalis. Ini pasti terbentur dengan luas lahan atau biaya, bisa juga sebagai trend masa kini sehingga mengikuti zaman. Sebenarnya jika lahan sobat luas, lebih baik mengalokasikan lahan yang cukup untuk memasak. Apalagi jika rumah memiliki banyak penghuni, bukan hanya 4-5 orang saja. Ini membutuhkan makanan dan aktifitas yang lebih di dapur.

cara merancang dapur yang minimalis
contoh dapur yang rapi

cukup sudah deh bertele - telenya, langsung aja simak dapur yang ideal ini ya sob:
  1. Kesehatan
    Di segi kesehatan, dapur harus memiliki tempat sampah. Ga mau kan kalau hasil irisan bawang, bungkus - bungkus micin bergeletakan di dapur? wajib hukumnya menaruh tempat sampah di dapur sob. Selain itu, sering bersih - bersih dapur juga ya. Soalnya kalau lantai kotor, bisa mengkontaminasi masakan lho, kalau misal bawang jatuh pas lantai kotor? bisa jadi penyakit kan , maka dari itu, rajin rajin ya.
    Lalu, ciptakan SIRKULASI udara yang baik untuk mempercepat hilangnya asap masakan. (terlalu ngebul)
  2. Keamanan
    Sudah banyak contoh tabung gas meledak, contoh kebakaran akibat api dari kompor dapur, dll. Itu jangan sampai terjadi di rumah kita ya sob. Makanya segi keamanan juga harus dipikirkan dalam membuat dapur. Pasang alarm kalau ada asap berlebih atau panas berlebih dalam dapur. Sediakan APAR (alat pemadam api ringan) juga kalau didapur. Jangan lupa, sediakan kain yang siap di basahi jika sewaktu- waktu terjadi.
  3. Kenyamanan
    Ini juga penting buat ada di dapur. Kenyamanan setiap orang beda beda ya. Tapi se enggaknya, kalau ada rasa nyaman di dapur, memasak pasti jadi lebih senang dan enjoy kan? selain itu, letakan juga barang - barang sesuai kebutuhan. Misal letakan rak piring dekat wastafel. Biar ga bolak balik waktu nyuci. Bisa sobat renungkan sendiri kira kira kebutuhan sobat gimana.
Selain tulisan diatas, tentunya masih banyak lagi alasan - alasan untuk membuat dapur yang ideal. Mungkin itu dulu yang serbahunian bisa berikan buat sobat. Semoga ada gambaran sedikit ya Sob untuk merancang / menciptakan dapur hunian yang ideal.
regards,
serbahunian.

Jika sobat suka dengan isi artikel ini, sobat bisa share di akun medsos sobat dengan klik ikon di bawah postingan ini.

No comments:

Post a Comment