Cara agar Dapur Anda Tidak jadi Sarang Semut

Apa yang Anda rasakan ketika Anda datang ke dapur lalu melihat makanan yang sangat lezat di gerumuti semut? Kesal ? Bete ? Pengen bakar dapur itu ? jangan sob, tahan emosi Anda. Lebih baik mencari jalan keluar dengan membaca tips berikut ini agar rumah Anda terutama dapur tidak menjadi sarang semut.
menghilangkan semut di dapur
donat disemutin


Cara agar dapur Anda tidak jadi sarang semut:
  1. Yang harus dan wajib di lakukan adalah singkirkan dahulu semua makanan di atas meja, ini tak lain dan tak bukan adalah agar makanan tersebut tidak terkontaminasi dengan obat serangga yang nantinya akan digunakan. Makanan yang ada bisa disimpan dulu di kulkas atau lemari penyimpanan lainnya. Kalau Anda mau gunakan suatu wadah di bawah makanan tersebut lalu kasih air secukupnya dan pindahkan ke ruangan lain dahulu.
  2. Rajin - Rajinlah membersihkan dapur
    Dengan Anda membersihkan dapur sesering mungkin, dapat menghalau datangnya semut yang akan menuju sumber makanan. Minimal Anda harus menyapu dapur dua kali sehari agar semut tidak berada di atas meja lebih lagi di atas makanan Anda. Lebih bagus lagi kalau satu hari sekali Anda mengepel lantai dapur Anda.
  3. Menggunakan ramuan alami
    Anda bisa menggunakan campuran air hangat dan kulit jeruk yang dimasukan kedalam wadah lalu semprotkan ramuan itu disekitar semut. Alhasil semutpun akan lari ketakutan.
  4. Kaki - Kaki meja harus dilindungi
    Yang serbahunian maksud dilindungi disini adalah dengan memberi suatu cairan pada kaki - kaki meja. Bisa dengan oli bekas, atau dengan air biasa. Serbahunian sarankan sih menggunakan oli bekas, karena kekentalan dari oli bekas lebih tinggi dari air sehingga mampu menangkap semut dan terjebak di dalamnya. Tapi hati hati juga, penggunaan ini bisa menjadi kayu meja makan Anda semakin rapuh. Jadi jangan terlalu banyak merendam kaki kaki meja. Cukup 100 cc saja.
  5. Jangan tempelkan meja makan dengan dinding
    Nah, pasti banyak nih desain dapur Anda yang menempelkan meja makan dengan dinding. Tak lain dan tak bukan pasti karena lahan yang terbatas. Untuk itu, beri celah kira kira 20 cm dari dinding agar tidak ada elemen meja yang bersentuhan langsung dengan dinding dapur.
  6. Jika cara diatas sudah dilakukan semua, jalan terakhir gunakan obat serangga
    Ini menjadi alternatif terakhir saja ya. Memang menggunakan obat serangga seperti semprotan serangga atau kapur serangga sangat efektif. tetapi jika suatu hal terjadi dan mengkontaminasi makanan yang ada, misalnya seperti kecap yang masih terbuka bisa menimbulkan bahaya. Untuk itu, gunakan cara ini sebagai jalan terakhir.
Memasaka di dapur buat keluarga tersayang memang memberikan kebahagian tersendiri terutama bagi para ibu rumah tangga, tapi jangan hilangkan rasa kebahagian tersebut karena adanya pengganggu seperti semut. Itu lah sedikit tips dari serbahunian tentang cara membasmi semut pada dapur Anda. Silahkan simak artikel menarik lainnya tentang dapur di blog ini.

regards,
serbahunian

Jika Anda suka dengan isi artikel ini, Anda bisa men share nya dengan mengklik ikon medsos di bawah ini.
[disunting dari idea.com dan merdeka.com]

No comments:

Post a Comment